cropped-10333.png
MTs NEGERI 3 TULUNGAGUNG
KEGIATAN LATGAB DALAM RANGKA PROGAMPENGUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN
Home » Berita  »  KEGIATAN LATGAB DALAM RANGKA PROGAMPENGUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN
KEGIATAN LATGAB DALAM RANGKA PROGAMPENGUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

Oleh Tim Jurnalis MTsN 3 Tulungagung

Pada hari Jumat tanggal 10 Desember 2021 MTsN 3 Tulungagung mengadakan kegiatan LATGAB di kampung wisata ekologis di dusun Tegalrejo, Semen, Kabupaten Blitar.

Siswa-siswi MTsN 3 Tulungagung yang terpilih untuk mengikuti latgab antara lain kelompok dari ekstrakurikuler Pramuka, PMR, KCL, dan Mading. Mereka dibimbing oleh crew KWE Puspa Jagad untuk mengikuti kegiatan  dengan mengusung tema “Penguatan Karakter Peduli Lingkungan” dengan harapan hasil pembinaan dan pengalaman yang diperoleh dapat dibawa ke madrasah untuk dibagikan kepada siswa-siswi lain . Dalam kegiatan ini, peserta latgab diajarkan materi-materi tentang kepemimpinan, cara berorganisasi, dan cara-cara menyelesaikan masalah dalam berorganisasi. Tujuan dalam pelatihan ini antara lain dapat mengajarkan para siswa untuk menumbuhkan sifat kepemimpinan dan kemandirian.

Kegiatan ini dimulai dengan perkenalan dengan kakak-kakak pembina crew KWE Puspa Jagad, kemudian dilanjutkan  penyampaian materi tentang kiat-kiat berorganisasi. Pada pagi hari kegiatan diawali dengan olahraga pagi dan berbagai permainan yang telah disiapkan oleh panitia seperti game-game yang seru yaitu permainan menjaga keseimbangan bola dan flying fox. Hal ini sangat membuat peserta latgab begitu bergembira dan mendapatkan pengalaman baru. Setelah itu dilanjutkan penyampaian materi Pramuka dan PMR dan dilanjutkan dengan materi bank sampah. Pada malam hari peserta latgab melakukan kegiatan api unggun, setelah itu peserta latgab dikirim ke alam untuk melakukan kegiatan jurit malam. Hari ketiga peserta latgab melanjutkan perjalanan dengan melewati sungai dan melakukan game-game singkat.

Berdasarkan pengalaman yang peserta latgap dapatkan di KWE Puspa Jagad, beberapa hal yang menjadi titik kesimpulan antara lain, kepemimpinan itu adalah sebuah kemampuan dalam diri seseorang untuk memandu pihak tertentu dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Seorang pemimpin  harus memiliki sifat jujur, adil, serta bertanggung jawab. Namun seorang pemimpin juga harus memiliki pendirian yang teguh agar tidak terpengaruh oleh perkataan-perkataan orang lain. Dalam pelatihan ini siswa juga diajarakan tentang kedisiplinan. Kedisiplinan adalah sifat dalam diri seseorang untuk menaati atau mematuhi peraturan dan tata tertib yang telah dibuat. Siswa wajib menanamkan sifat kedisiplinan agar mereka dapat menghargai dan mengatur waktu dan mengontrol diri sendiri.

Selain itu, siswa juga harus bisa menerima konsekuensi atas aturan yang mereka buat. Kemandirian adalah kesanggupan untuk berdiri sendiri dengan keberanian dan tanggung jawab atas segala tangka laku sebagai manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *